cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalfikom@yahoo.co.id
Editorial Address
Jalan Raya Kaligawe Km.4 Semarang 50112
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna
ISSN : 20872461     EISSN : 23374616     DOI : 10.30659/jikm
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna (E-ISSN: 2337-4616, P-ISSN 2087-2461) is a Scientific Journal published by the Department of Communication Science, Faculty of Language and Communication Science, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna is intended to the national and international scholarly community. The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of communication. Articles published are the results of research, bringing the new sights (scope) on Cultural Studies, Public Relations, and Media.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2016)" : 7 Documents clear
REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM FILM CINTA SUCI ZAHRANA Urip Mulyadi
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.2.150-158

Abstract

Perbedaan gender adalah perbedaan yang dibangun secara sosial kultural, yang terkait dengan perbedaan status, sifat peran dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan.Perbedaan status, sifat, peran dan tanggun jawab ini digambarkan dalam film Cinta Suci Zahrana yang diangkat berdasarkan novel karya Habiburahman El-Shirazy. Zahrana adalah seorang perempuan yang memiliki banyak prestasi, penghargaan dan berpendidikan tinggi. Namun dalam film ini diceritakan bahwa di usianya yang ke 34 tahun tokoh utama (Zahrana) belum mendapatkan jodoh. Sehingga membuat kedua orang tuanya merasa malu karena terdapat pembicaraan yang tidak enak tentang anaknya. Film ini lebih banyak menggambarkan bagaimana seorang perempuan yang berusaha mencari jodoh. Film memiliki potensi untuk mempengaruhi khalayaknya. Semiotika berusaha menjelaskan jalinan tanda atau ilmu tentang tanda, secara sistematik menjelaskan esensi, ciri-ciri dan bentuk suatu tanda, serta proses signifikansi yang menyertainya.Dalam hal ini penulis berusaha mencari makna denotasi, konotasi dan mitos yang bisa merepresentasikan perempuan dalam film Cinta Suci Zahrana. Dalam Film ini membentuk beberapa representasi mengenai perempuan, bahwa pendidikan dan prestasi yang diraih tidak menjadi penting ketika perempuan belum bisa membangun rumah tangga atau menikah.  Ideologi gender telah membentuk budaya patriarkal di masyarakat dan menciptakan male dominated culture,  budaya yang didominasi oleh dan mengutamakan laki-laki sehingga memunculkan ketidakadilan. Film ini menunjukkan mitos bahwa sebaik-baik perempuan ialah yang dapat menjadi ibu rumah tangga yang baik. Bukan sebuah prestasi dan gelar yang tinggi. Kemudian perempuan yang benar-benar menjadi perempuan ialah perempuan yang bisa melahirkan dan mengasuh anak.Kata Kunci: Representasi Perempuan, Semiotika, Film
KAPITALISME, BUDAYA DUNIA, INTERNASIONALISASI BAHASA DAN NILAI-NILAI ISLAM PADA TAYANGAN PERIKLANAN ANAK DI MEDIA TELEVISI DALAM PERSPEKTIF BIDANG KREATIF INDUSTRI PERIKLANAN Dian Marhaeni Kurdaningsih
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.2.159-172

Abstract

Penelitian ini bersifat lanjutan dari kajian sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti dalam mengkritisi media. Kajian tentang wacana kapitalis dalam iklan anak, internasionalisasi bahasa periklanan anak, iklan anak dan etika media, iklan makanan dan minuman ditinjau dari perspektif kearifan lokal,  menghasilkan simpulan bahwa telah terjadi praktek kapitalis, internasionalisasi bahasa, pengunaan budaya dunia, dan pelanggaran etika  dalam karya kreatif   iklan. Disisi lain Periset kali ini  lebih fokus mengungkap  pandangan departemen kreatif periklanan sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap karya naskah iklan. Bagaimana insan departemen kreatif memahami isu-isu ideologi dunia dan pengaruhnya terhadap karya iklan. Penggalian data dilakukan secara  wawancara mendalam dengan prosedur penelitian kualitatif deskriptif model Milles dan Habermen. Penentuan informan dilaksanakan secara purposive sesuai dengan tujuan penelitian. Kualitas data dilakukan dengan trianggulasi sumber penelitian, dimana prosedur ini menuntut peneliti untuk mericek data penelitian yang sudah terkumpul. Trianggulasi juga dilakukan secara teori, dimana setiap statemen didukung oleh teori yang kualified. Analisis penelitian didukung oleh teori jurnalistik yang mempengaruhi isi media dan etika media. Al Quran Al Karim dimana  Nilai-nilai Islam  tentang etika media dicantumkan secara detail. Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa faktor internal berupa sumber daya insani sangat mempengaruhi isi dan kualitas karya insan departemen kreatif periklanan. Faktor ideologi, agama, pendidikan, kreatifitas berpengaruh dalam menuangkan monsep iklan.  Saran penelitian, penting melakukan  pemahaman pendidikan, ajaran agama, kreatifitas yang bertanggung jawab agar karya ideal insan kreatif tidak jatuh mengikuti ambisi kapitalis.Kata kunci: Kapitalisme iklan, internasionalisasi bahasa, nilai-nilai  Islam, Iklan Anak.
PAPARAN MEDIA PROMOSI KESEHATAN DENGAN PENGETAHUAN PENCEGAHAN INFEKSI BAGI PENGUNJUNG RUMAH SAKIT Besar Tirto Husodo; Puspa Run Canti
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.2.173-177

Abstract

Infeksi Nosokomial di dapat dan berkembang saat seseorang berada dilingkungan rumah sakit. Infeksi Nosokomial salah satu penyebab kematian terbesar pada saat seseorang berada di rumah sakit. WHO tahun 2005, lebih dari separuh bayi lahir yang di rawat di bagian perawatan bayi di rumah sakit di Brasil tertular Infeksi Nosokomial. Angka kematian kasus tersebut mencapai 12 hingga 52 persen. Di salah satu rumah sakit di Jawa Tengah ditemukan angka infeksi nosokomial pada tahun 2010 yaitu sebesar 0,89%. Mencuci tangan secara rutin adalah tindakan terpenting untuk mencegah penularan Infeksi Nosokomial, karena mampu mengurangi risiko penularan mikroorganisme kulit dari satu orang ke orang lain. Bagi pengunjung pasien di rumah sakit keberadaan media promosi kesehatan membantu dalam memperoleh informasi disaat menunggu pasien. Penelitian dilakukan untuk menganalisis paparan media promosi kesehatan rumah sakit dengan pengetahuan untuk praktik hand hygiene pada pengunjung pasien di Instalasi Rawat Inap RSUD Dr. Adhyatma Tugurejo Kota Semarang. Penelitian secara deskriptif analitik menggunakan pendekatan cross sectional study. Sampel penelitian pengunjung pasien di Instalasi Rawat Inap kelas III RSUD Dr.Adhyatma Tugurejo, menggunakan cluster random sampling sebanyak 63 orang. Uji Chi-Square dengan alpha 0,05 sebagai alat uji. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berhubungan dengan praktik hand hygiene pengunjung pasien rawat inap yaitu usia (p=0,034), pengetahuan (p=0,000), paparan media poster (p=0,000) dan paparan media leaflet  (p=0,004). Variabel yang tidak berhubungan dengan praktik hand hygiene pengunjung pasien rawat inap yaitu jenis kelamin (p=0,837) . Secara periodik RSUD Dr. Adhyatma Tugurejo perlu melakukan monitoring dan evaluasi media – media promosi kesehatan rumah sakit mengenai hand hygiene. Media Promosi Kesehatan hand hygiene yang mudah dilihat, memiliki desain yang menarik, isi/konten yang jelas dengan bahasa yang mudah dipahami akan meningkatkan pengetahuan, sikap, dan praktik hand hygiene pengunjung pasien di rumah sakit.Kata kunci: Hand Hygiene, Media Promosi Kesehatan Rumah Sakit, Pengunjung Pasien
INOVASI DIGITAL PUBLIC RELATIONS PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KOTA SEMARANG DALAM MENINGKATKAN CITRA Agus Triyono
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.2.119-126

Abstract

Pesatnya teknologi internet membuka peluang yang besar bagi institusi pendidikan dalam melakukan komunikasi pada masyarakat luas. Bentuknya adalah penyampaian informasi melalui pesan-pesan yang sesuai dengan karakter dan jatidiri. Sosial media kini sudah menjadi kebutuhan yang penting dalam dalam kehidupan di lingkungan kampus dalam menyampaikan informasi atas kegiatan yang ada. Penelitian ini dilakukan dibeberapa perguruan tinggi swasta di kota Semarang dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan digital public relations melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif  dengan mendeskripsikan hasil temuan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing perguruan tinggi memiliki karakter sendiri dalam menggunakan media sosial. Media yang digunakan sangat variatif dan memiliki keunggulan masing-masing dalam mempublikasikan pada masyarakat luas.Kata kunci : inovasi, public relations dan media sosial, masyarakat
MODEL KAMPANYE PILKADA ATASI POLITIK UANG DAN SIKAP PESIMIS PEMILIH (Telaah teoritis dan konsep implementasinya) Hariyani Hariyani
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.2.178-193

Abstract

Isu mengenai politik uang selalu muncul saat kampanye politik di Indonesia, nampaknya mengeliminasi budaya politik uang hampir tidak mungkin. Sejak pemilihan pertama, isu politik uang selalu menyebar setiap saat pemilihan berlangsung. Menurut penulis, melalui konsep kampanye politik yang santun bisa menyelesaikan masalah money politics. Seorang kandidat harus mengembangkan serangkaian komunikasi politik, perencanaan pemasaran dan kampanye politik dengan menggunakan cara yang efektif dan terpadu untuk memenangkan pemilihan. Garis besar rancangan kampanye politik dalam makalah ini bertujuan untuk menyelesaikan praktik politik uang, untuk mengembalikan kecocokan pemilih terhadap kandidat, untuk mendorong harga diri para pemilih, untuk mengurangi persepsi yang benar bahwa pemilihan bukan hanya sebuah perayaan sesaat, tapi juga jujur. dan partai demokrasi bersih. Rancangan kampanye politik ini dirancang untuk diimplementasikan dalam pemilihan tingkat kabupaten dan dapat diajukan untuk kandidat independen, kandidat dari partai politik dan calon presiden.Kata kunci: politik uang, desain kampanye politik, kandidat, pemilihan kepala daerah.
EKSISTENSI BURUH DALAM KOMUNIKASI BIPARTIT (Upaya Membangun Kemitraan Antara Buruh dan Pengusaha Secara Ideal di Kota Kretek) Muhammad Zakki Mubarok
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.2.127-139

Abstract

Hubungan industrial rentan memunculkan perselisihan, terutama antara pihak pengusaha dan buruh. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan persepsi di antara kedua belah pihak. Sebelum perselisihan tersebut melabar, maka dibutuhkan komunikasi di tingkat internal perusahaan. Dalam perburuhan komunikasi tersebut biasa disebut dengan perundingan bipartit. Perundingan yang melibatkan pihak pengusaha, bisa manajemen atau yang mewakilinya, dengan pihak buruh, bisa serikat pekerja atau yang mewakilinya. Kudus sebagai kota industri, selama ini tidak terlihat adanya gejolak perselisihan dalam perburuhan yang mengarah kepada tindakan anarkis. Namun demikian bukan berarti lepas dari persilisihan sama sekali. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah komunikasi bipartit dengan segala mekanismenya telah betul-betul dijalankan dalam dunia perburuhan di Kudus. Lantas sejauh manakah para buruh memahami peraturan dalam perundingan bipartit. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi, bertujuan untuk memperoleh gambaran secara utuh mengenai permasalahan-permasalahan yang terjadi di antara pengusaha dan buruh. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi di antara pengusaha dan buruh hampir tidak ada kendala kecuali faktor tingkat pendidikan buruh yang rendah. Hal tersebut kemudian dapat menimbulkan hambatan dalam memahami hubungan kondisional, cultural dan fungsional, meskipun sejatinya komunikasi berjalan lancar.Kata Kunci :  komunikasi, perundingan bipartit, hubungan industrial, perselisihan hubungan industrial
IMPLEMENTASI KONSEP DIRI PADA KELOMPOK GEMES (GEMUK MENAWAN SEMARANG) Genta Maghvira
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.2.140-149

Abstract

Implementasi Konsep Diri Pada Kelompok Gemes (Gemuk Menawan Semarang), Kajian Teoritis Psikologi Komunikasi tentang Konsep Diri Pada Kelompok Gemes (Gemuk Menawan Semarang). Jurnal Makna. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Sultan Agung, Semarang. Orang dengan berat badan yang lebih, sering disebut dengan gemuk atau gendut. Umumnya orang gemuk sering dipandang sebelah mata dan sering dijadikan bahan candaan dan tertawaan. Namun, sekarang orang gemuk bisa eksis dan mulai membuka diri dalam pergaulan sosial. Terbukti dengan banyaknya komunitas orang gemuk yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu Komunitas Gemes (Gemuk Menawan Semarang) kota Semarang. Komunitas Gemes atau Gemuk Menawan Semarang ini merupakan komunitas yang menampung orang-orang gemuk khususnya yang berada di kota Semarang. Komunitas ini didirikan sebagai wadah untuk saling berbagi informasi dengan tujuan utama yaitu untuk meningkatkan kepercayaan diri. Dalam komunitas Gemes, tidak ada kriteria atau syarat tertentu ketika ingin bergabung dengan komunitas tersebut. Komunitas ini terbuka untuk semua kalangan masyarakat bagi kepada siapa saja yang merasa dirinya gemuk. Komunitas Gemes ini cukup eksis melakukan kegiatan sosial dan terliput oleh media Tribun Jateng. Penelitian kajian teoritis ini mencoba melihat fenomena terbentuknya komunitas Gemes melalui sudut pandang psikologi komunikasi khususnya konsep diri. Dalam psikologi komunikasi, kajian lebih menekankan pada aspek interaksi antarpersonal dan perilaku manusia dalam kehidupan sosial, termasuk implikasi sosial terhadap kejiwaan seorang manusia. Sedangkan konsep diri merupakan bagian dari psikologi komunikasi subbab komunikasi interpersonal. Konsep diri diartikan sebagai pemahaman tentang diri sendiri yang timbul akibat interaksi dengan orang lain. Konsep diri terbagi dua yakni konsep diri positif dan konsep diri negatif. Implementasi konsep diri dalam penelitian kajian teoritis ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana konsep diri diterapkan dalam komunitas Gemes, bagaimana kemudian orang gemuk bisa tampil secara lebih percaya diri dalam kehidupan sosial adalah bentuk dari penerapan konsep diri yang positif.

Page 1 of 1 | Total Record : 7